Rabu, 01 Agustus 2012

Cara Membuat Cuka Apel


Membuat Cuka Sari Apel di rumah, telah dipraktekkan sejak zaman dahulu dan terus sampai ke saat ini. Cuka sari apel buatan sendiri yang dihasilkan cenderung lebih sehat dan lebih baik dari kebanyakan diproduksi secara komersial.

Cara tercepat untuk menghasilkan sari cuka apel buatan sendiri adalah untuk mulai dengan sari Apel  yang telah benar-benar difermentasi dengan kandungan alkohol 5 sampai 6%.
Menggunakan bakteri alami (acetobacter) hadir di udara, alkohol dapat berubah menjadi cuka (asam asetat).
Proses pembuatan cuka akan memakan waktu sekitar 2 bulan, dan di bagian bawah halaman ini Anda akan menemukan prosedur langkah-demi-langkah untuk melakukan hal itu.
Jika Anda tidak memiliki sari Apel yang sudah tersedia, maka Anda harus mulai dengan membuat sari sendiri dari apel. Setelah mendapatkan sari Apel, jangan dipasteurisasi.
Jenis jus sudah tersedia dari kebun buah apel lokal anda dapat dibekukan untuk digunakan sepanjang tahun.
Sebuah hidrometer sederhana dianjurkan untuk menentukan apakah cukup terdapat gula alami dalam jus untuk membuat Cuka Apel dengan kandungan alkohol 5 sampai 6%.

Bagi mereka cukup beruntung untuk memiliki suplai apel sendiri, sebaiknya tumbuh secara organik. Anda akan perlu penggilingan dan peralatan penekan untuk mengekstrak jus sebelum fermentasi untuk mendapatkan sari apel. Namun, dengan membuat sendiri dari awal, Anda akan memiliki kontrol atas rasa cuka apel yang dihasilkan sari buatan sendiri karena merupakan campuran dari beberapa jenis apel yang membuat produk  beraroma.


Membuat Cuka Apel
Mulai dari Sari Apple 


1. Isi botol kaca dibersihkan secara menyeluruh, Misalkan 700 ml botol kaca disi dengan sekitar 500 ml Sari Apel.

2. Tambahkan 50 ml tidak dipasteurisasi dan tidak disaring cuka sari apel organik yang berisi beberapa ibu dari cuka (Tersedia di toko kesehatan). Ini akan cepat-mulai proses pembuatan cuka.

3. Tutup bagian atas tabung dengan dua lapisan kain tipis, ini akan memungkinkan bakteri cuka dan oksigen dari udara untuk sampai ke permukaan sari tanpa terkontaminasi dengan lalat buah dan hama lainnya.

4. Tempatkan tabung di ruangan yang hangat tetapi di tempat gelap jauh dari sinar matahari, yang akan mempengaruhi kerja bakteri. Suhu optimum untuk pembuatan cuka adalah sekitar 29 derajat C (85 F).

5. Setelah sekitar 2 minggu akan ada lapisan putih seperti agar-agar mengambang di atas cairan, ini adalah ibu dari cuka, yang diproduksi oleh bakteri cuka karena mengubah alkohol menjadi cuka (asam asetat).

6. Lanjutkan sedikitnya 4 sampai 8 minggu.

7. Metode kuno untuk menentukan apakah cuka selesai adalah dengan hanya mencium dan mencicipinya. Tidak ada bau atau rasa dari alkohol.

8. Sebuah cara yang jauh lebih akurat adalah dengan mengukur kandungan asam dengan titrasi. Kit titrasi murah dapat ditemukan di toko anggur lokal dan bir dan mudah digunakan

Toko furniture online

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar